JAGA PENDENGARANMU, MUSIK / ALAT MUSIK HARAM


Info Lanjut Hubungi Kami

DALIL-DALIL TENTANG HARAMNYA MUSIK/ALAT MUSIK

Sebagai muslim kita meyakini bahwa Islam adalah agama yang sempurna.Tiada suatu kebaikan dan membawa manfaat kecuali akan dijelaskan dan dianjurkan oleh syariat Islam dan sebaliknya. Sehingga, apabila jika memang musik termasuk perkara yang baik dan bermanfaat, niscaya akan dianjurkan oleh Islam. Akan tetapi, yang kita dapati adalah larangan yang sangat tegas terhadap musik dan nyanyian. Dibawah ini adalah beberapa dalil tentang haramnya musik/alat musik.

Dalil-Dalil dari As-Sunnah :
1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ
“Sungguh akan ada sekelompok umatku yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat-alat musik.” (HR. Bukhari secara mu’allaq dengan shighot jazm (ungkapan tegas) no. 5590. Pembahasan tentang keshahihan hadits ini dapat dilihat di kitab Tahriimu Aalat Ath-Tharb, 1/38-51)

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَىَّ أَوْ حُرِّمَ الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْكُوبَةُ. قَالَ  وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ
“Sesungguhnya Allah mengharamkan kepadaku khamr, judi, dan gendang.” Rasulullah juga bersabda, ”Dan setiap yang memabukkan adalah haram." (HR. Ahmad no. 2476 dan Abu Dawud no. 3696. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 2425)

3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فِي هَذِهِ الأُمَّةِ خَسْفٌ وَمَسْخٌ وَقَذْفٌ ، فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ المُسْلِمِينَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَتَى ذَاكَ؟ قَالَ: إِذَا ظَهَرَتِ القَيْنَاتُ وَالمَعَازِفُ وَشُرِبَتِ الخُمُورُ
“Umat ini akan mengalami bencana ditenggelamkan ke dalam bumi, pengubahan bentuk (dan rupa), dan dihukum dengan hujan batu.” Ada salah seorang yang bertanya, ”Kapan hal itu terjadi wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, Ketika para penyanyi dan alat-alat musik telah memasyarakat, dan ketika berbagai jenis khamr dikonsumsi.” (HR. Tirmidzi no. 2212. Dinilai hasan oleh Syaikh Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 2379)

Perkataan para Sahabat nabi radhiyallahu ‘anhum dan Generasi Berikutnya

1. ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,
الغناء ينبت النفاق في القلب
“Nyanyian itu menumbuhkan sifat kemunafikan di dalam hati.”  (Ighatsatul Lahfan, 1/248)

2. Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,
الدف حرام والمعازف حرام والكوبة حرام والمزمار حرام
“Rebana itu haram, alat-alat musik itu haram, genderang itu haram, dan seruling adalah haram.” (Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Tahriimu Aalat Ath-Tharb, 1/92)

Info Lanjut Hubungi Kami

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Ruqyah

Tempat Ruqyah Di Surabaya

Ruqyah Syariah Surabaya